9.16.2015

Gairah Muda SEPTEMBER KeMANGTEER Jakarta


SEPTEMBER 2015 KeMANGTEER Jakarta diikuti oleh 67 peserta dari latar belakang yang berbeda. (Foto: Yanuar Yogha Pradana).

MANGROVEMAGZ. Pada tanggal 11 – 12 September 2015, IKAMaT mengikuti agenda penanaman mangrove di Taman Nasional Kepualauan Seribu Jakata, tepatnya di pesisir dua pulau, yaitu di Pulau Bira dan Pulau Panjang, Taman Nasional Kepulauan Seribu. Acara yang diselenggarakan oleh KeMANGTEER (KeSEMaT Mangrove Voulunteer) Jakarta ini bertajuk SEPTEMBER (SERU – SERUAN & PEDULI TANEM MANGROVE BERSAMA KeMANGTEER JAKARTA) 2015.

Dua anggota IKaMAT, yaitu Yanuar Yogha Pradana dan Teguh Yudana Yekti hadir di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta tempat meeting point acara diselenggarakan, sejam sebelum berangkat, menggunakan kapal nelayan pariwisata pada pukul 07.30 WIB. Pada agenda tersebut, event dibuka pada waktu meeting point.

Selanjutnya, perjalanan mereka dilanjutkan dengan menggunakan kapal pariwisata nelayan selama tiga jam perjalanan, memasuki Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kapal mereka menuju dermaga Pulau Harapan, salah satu pulau yang ada pada administrative Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Sesampai di sana, keduanya dan peserta lainnya, beserta panitia SEPTEMBER 2015, menuju ke homestay yang merupakan rumah penduduk masyarakat local Kepulauan Seribu.



Mangroving jelajahi laut di Kepulauan Seribu. Ajib! (Foto: Yanuar Yogha Pradana).

"Let's Travel and Mangroving, Vro!," ujar Yoga, yang merupakan Mantan Staf Ahli Menwebnet KeSEMaT.

Hari pertama, SEPTEMBER 2015 ini diawali dengan memasuki homestay di Pulau Harapan, makan siang, ISHOMA dan dilanjutkan dengan agenda snorkling di laut dan pesisir Kepulaun Seribu. Snorkling dimulai dari Pulau Panjang Besar dan Pulau Bira. Setelah puas, agenda dilanjutkan dengan bermain games sambil menikmati sunset menjelang senja di pantai pasir-putih Pulau Perak. Amazing!


Snorkling melihat keindahan perairan dangkal Kepulauan Seribu. Sadis! (Foto: Yanuar Yogha Pradana). 

Masih di hari pertama, di malam hari, seperti pada perjalanan biasanya, setelah pulang dari menikmati alam perairan dangkal bawah laut Kepulauan Seribu, agenda dilanjutkan dengan makan malam dan setelah itu berlanjut ke ramah tamah antar peserta dan panitia (KeMANGTEER Jakarta) sambil barbeque di pinggir pantai Pulau Harapan. Sadis!


Penjelasan Yoga tentang teknik menanam mangrove yang baik dan benar. (Foto: Yanuar Yogha Pradana).

Pada agenda ramah tamah tersebut, Yoga diminta untuk mengisi sambutan selaku perwakilan dari IKAMaT. Selain itu, Yoga juga diminta untuk menjelaskan organization profile dan perjalanan KeSEMaT dan IKAMaT selama berkarya untuk mangrove Indonesia sehingga bisa menancapkan tajinya hingga ke dunia internasional. Yoga juga menjelaskan bagaimana cara menanam mangrove yang baik dan benar dan beberapa jenis mangrove yang ada di Indonesia sebagai penghantar agenda penanaman mangrove besok pagi.

Hari kedua, digelar penanaman bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata di Pulau Panjang dan Pulau Bira Besar. Kegiatan ini dimulai pagi pukul 7.30 WIB – 10.00 WIB, meliputi acara penanaman mangrove, pengumuman peserta terbaik, pengumuman pemenang lomba social media Twitter KeMANGTEER Jakarta dan penutupan.


Acara yang paling ditunggu-tunggu, tanam mangrove, Vro! (Foto: Yauar Yogha Pradana).

Agenda foto bersama dan pembuatan video ucapan selamat ulang tahun ke-4 kepada KeMANGTEER Jakarta, tak lupa dilaksanakan juga di pulau tersebut.

SEPTEMBER 2015 adalah event tahunan yang digelar mulai awal terbentuknya KeMANGTEER Jakarta. Pada kesempatan ini, peserta yang mengikuti event tersebut berjumlah 67 peserta, yang terdiri dari berbagai mahasiswa dari kampus-kampus besar di Indonesia, seperti UNDIP, IPB, UNJ dan beberapa karyawan dari perusahaan dan instansi pemerintahan dalam negeri ternama, seperti Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Keuangan RI, Senayan City, Honda Astra Tbk, dan Sinar Mas Tbk.


Semua Mangrover kumpul di SEPTEMBER 2015 KeMANGTEER Jakarta. Satu tekad, Save Mangrove! (Foto: Yanuar Yogha Pradana).

Selamat ulang tahun yang ke-4 KeMANGTEER Jakarta. MUDA TERUS DAN SELALU BERGAIRAH. Semangat MANGROVER! (Yanuar Yogha Pradana).

No comments:

Post a Comment