8.24.2015

Mahasiswa UMM Tanam 2000 Mangrove Bersama Bupati Pacitan


Bupati Pacitan ajak warganya untuk peduli mangrove. (Foto: Kelompok 20 KKN UMM).

MANGROVEMAGZ. Melalui Program Gerakan Menanam 2000 Pohon Mangrove, Kelompok 20 KKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan penanaman bibit mangrove di muara sungai Pantai Taman, pada hari Jum'at (21/08/15). Penanaman bibit mangrove tersebut diawali dengan penanaman secara simbolis oleh Bupati Pacitan, Dr. Indartato, MM serta pejabat daerah setempat. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 2000 bibit mangrove.

Bupati Pacitan, Dr. Indartato, MM dalam sambutannya mengatakan, penanaman bibit mangrove tersebut akan membantu masyarakat dalam menjaga ekositem sungai.

"Masyarakat harus sadar menjaga kelangsungan ekosistem sungai ini, dengan tidak merusak tanaman mangrove di sekitar sungai," ujar Bupati.

Setelah memberikan kata sambutan, Bupati bersama unsur Muspida dan peserta lainnya melakukan penanaman bibit mangrove di sepanjang tepian anak sungai di Desa Kangkung, Kecamatan Ngadirojo.

Acara ini juga dihadiri oleh karang taruna setempat, beberapa lembaga, pejabat tinggi dan bermacam organisasi, antara lain:
1. Konservasi Mangrove Pacitan Indonesia (KMPI)
2. Dinas Kehutanan dan Perkebunan (DISHUTBUN)
3. Dinas Lingkungan Hidup
4. Tim Ekspedisi Biokonservasi (TEB) Malang
5. Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Universitas Semarang
6. KKN Universitas Gajah Mada
7. Saka Wana Bhakti
8. Saka Bhayangkara, dan pelajar setempat

Bupati menambahkan, "Harapan saya, supaya penanaman ini akan bermanfaat bagi warga sekitar Hadiwarno yang sudah ada KMPI ini, dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, tanpa ada kerja yang baik, saya yakin tidak akan berhasil." (Ilfan Arif Romadhan).

No comments:

Post a Comment