GET FEATURED

HEADLINE

MIL THE SERIES

YOUR PHOTOS AND ARTICLE

8.22.2015

Mapala Argawana STIE Bank BPD Jateng Tanam 5000 Mangrove di Kendal


Aksi tanam mangrove dan susur pantai. (Foto: Rizki Nurlaila).

MANGROVEMAGZ. Kabupaten Kendal merupakan salah satu wilayah di Pantura Jawa Tengah yang memiliki tingkat abrasi yang mengkhawatirkan. Sebagai informasi, berdasarkan data dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, diketahui bahwa kawasan pantai di wilayah Kendal memiliki panjang 41 km yang mempunyai hutan bakau seluas 90,4 ha (Ulfah, 2012).
Sejatinya, tak hanya Kabupaten Kendal saja yang mengalami abrasi, di sepanjang Pantura Jawa, mulai dari Brebes hingga Rembang, terjadi permasalahan yang sama. Kondisi ini terjadi karena banyak hutan mangrove yang telah rusak. Salah satu cara untuk menangani permasalahan ini adalah dengan kegiatan penanaman mangrove. Sudah pernah ikut?

Penanaman Mangrove di Kendal
Perayaan memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-70 telah usai. Namun, euforia perayaan ulang tahun Indonesia yang ke-70 masih sangat kental terasa. Nah, dalam rangka meramaikan suasana perayaan kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2015, Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) Argawana STIE Bank BPD Jateng menggelar kegiatan perayaan dengan konsep yang bertemakan lingkungan, yaitu penanaman mangrove. 

Acara yang dilaksanakan di Pantai Kartika Jaya, Desa Kartika Jaya Patebon, Kendal ini melakukan kegiatan penanaman sejumlah 5000 bibit mangrove jenis bakau dan 700 bibit penyulaman dengan jenis yang sama serta bersih-bersih sampah yang ada di sekitar lokasi penamaman. Rangkaian kegiatan yang diadakan pada tanggal 15 - 17 Agustus 2015 ini dibuka oleh Dr. Drs. Raharja, M.Si, Akt (Ketua STIE Bank BPD Jateng).

Kegiatan yang dilakukan sebagai wujud pengabdian mahasiswa ini tidak hanya diikuti oleh warga kampus saja, melainkan juga melibatkan siswa/siswi SMK 2 Kendal, KFC (Kendal Fishing Community) dan IMAKEN (Ikatan Mahasiswa Kendal). 


Foto bersama antara Mapala Argawana dengan IMAKEN serta siswa/siswi SMK 2 Kendal. (Foto: Rizki Nurlaila).

Program kerja ini disponsori oleh Bank Jateng, Jamkrindo, Printworld, dan didukung oleh P3MP Kendal, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kehutanan, KeMANGTEER Semarang serta Walhi Semarang. (Wlg 21 - Rizki Nurlaila).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EVENT TERBARU