7.10.2023

Hapus Jejak Emisi Karbon, Groovengers LSPR Tanam 300 Mangrove dan Ajarkan Lingkungan di Muara Gembong, Bekasi


Keseruan saat menanam mangrove bersama.

MANGROVEMAGZ. Groovengers, sebuah komunitas mahasiswa Fakultas Komunikasi Batch 24 Program Studi Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi International Relations Communication di London School of Public Relations (LSPR), telah menyelenggarakan sebuah acara yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pelestarian alam. (6/7/2023).

Acara ini mengangkat tema "Groovengers: Unity for Sustainability" dan berfokus pada penanaman mangrove dan pengajaran mengenai lingkungan kepada murid Sekolah Dasar (SD) di Muara Gembong, Bekasi.

Dalam rangkaian acara ini, Groovengers melibatkan 37 mahasiswa dan tiga dosen LSPR untuk menanam 300 bibit mangrove di Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi.

Selain mencegah abrasi, mangrove yang berhasil tumbuh, nantinya juga akan dapat menghapus jejak emisi karbon di bumi, sehingga dapat mengurangi dampak buruk dari pemanasan global. 

Sebagai informasi, di wilayah ini, dari luas lahan mangrove yang semula mencapai 10.481,15 ha, saat ini hanya tersisa 1.028,64 ha. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena dapat berdampak pada peresapan air laut ke daratan (intrusi), penurunan kualitas lingkungan, hambatan dalam ekonomi warga, kerusakan fasilitas, dan terganggunya aktivitas belajar mengajar.

Untuk itulah, maka Groovengers berkomitmen untuk memulihkan dan menjaga kelestarian ekosistem mangrove sebagai bagian dari upaya menghadapi perubahan iklim.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 - 12.30 WIB ini berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan bersih diri dan foto bersama.

(Sumber foto: Bhekti Aditama).

No comments:

Post a Comment