4.13.2023

Ekowisata Mangrove di Pantai Bulaksetra, Pangandaran


Ekowisata Mangrove di Pantai Bulaksetra.

MANGROVEMAGZ. Pantai Bulaksetra terletak di sebuah pulau kecil, yang berada di Desa Babakan, Pangandaran, berdekatan dengan Kampus Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Pangandaran. Saat ini, Bulaksetra terkenal dengan ekosistem mangrovenya yang berada di sepanjang sungainya. 

Saya merupakan mahasiswa dari kampus tersebut, sehingga saya dapat melihat secara langsung keindahan pemandangan pohon mangrovenya. Selain mangrove, di sini juga terdapat tambak dan pemandangan Pantai Pangandaran yang indah nan luas.


Lokasi Pantai Bulaksetra.

Mangrove di Bulaksetra didominasi oleh Rhizophora. Selain itu, terlihat pula Sonneratia dan Avicennia. Terdapat juga keanekaragaman fauna di dalamnya, seperti burung, moluska (siput dan keong), ikan, kepiting dan binatang lainya.


Mangrove jenis Rhizophora.

Sebagai informasi, mangrove merupakan salah satu tumbuhan yang berhabitat di daerah pasang surut yang memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kehidupan manusia sehingga perlu dilestarikan, dirawat dan dikembangkan ekosistemnnya.


Buah mangrove jenis Rhizophora.

Pada saat saya masuk pertama kali ke Bulaksetra, mangrove di sana masih sedikit. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, saat ini, mangrove di Bulaksetra sudah bertambah banyak dan luas. Hal ini dikarenakan masyarakat Babakan dan mahasiswa Politeknik KP Pangandaran rutin melakukan kegiatan penanaman mangrove.


Program penanaman mangrove.

Saya amati, tumbuhan mangrove di Bulaksetra masih dalam tahap pertumbuhan, mengingat hantaman tsunami pada tahun 2006 yang lalu.


Spot foto di Ekowisata Mangrove Bulaksetra.

Saat ini, ekowisata mangrove di Bulakserta juga sedang dikembangkan. Terdapat jembatan yang menghubungkan Pantai Bulaksetra dengan Desa Babakan. Di sini, pengunjung dapat melakukan kegiatan penanaman bibit mangrove, kayaking dan kunjungan ke desa nelayan untuk melihat langsung pembuatan ikan asin.

Belum pernah ke Bulaksetra? Mari berkunjung ke sini, sembari belajar mangove dan ekosistemnya sambil menikmati keindahan Pantai Bulaksetra, Pangandaran.

(Sumber foto: dokumentasi pribadi).

No comments:

Post a Comment