9.29.2018

Brayo Kukus dan Marning Brayo, Camilan Legit dari Tambaksari

Brayo Kukus, camilan mangrove yang gurih dan lezat!

MANGROVEMAGZ. Brayo Kukus dan Marning Brayo adalah dua buah camilan khas mangrove yang umum ditemukan di dusun Tambaksari, Desa Morosari, Sayung, Demak, Jawa Tengah. Kedua camilan ini, oleh masyarakat setempat biasa disebut Brayo. Sebagai informasi, nama ini sejatinya adalah nama daerah untuk menyebut salah satu jenis mangrove yang bernama latin Avicennia atau Api-api untuk istilah Indonesia-nya.

Marning Brayo dibuat dari buah Avicennia yang dikeringkan, lalu digoreng dan diberi campuran garam, gula dan bumbu-bumbu lainnya. Sementara itu, Brayo Kukus diolah dari buah yang sama, namun bukan digoreng melainkan dikukus lalu ditaburi dengan parutan kelapa.

Rasa kedua camilan khas mangrove ini lezat sekali. Rasa camilan Brayo yang pertama seperti brondong-jagung-manis sedangkan yang kedua persis melinjo kukus yang gurih.

Harga dari kedua camilan ini lumayan murah, hanya Rp2.500,- saja. Di Demak, camilan ini laku keras, karena rasanya enak dan harganya yang murah meriah.

Marning Brayo, camilan manis khas mangrove Demak.

Selain kedua camilan di atas, sejatinya masih ada satu makanan-mangrove lagi yang biasa dikonsumsi warga Demak, yaitu kudapan pucuk daun-muda Avicennia, yang sering dijadikan lauk pauk warga setempat. Rasanya yang tawar dan gurih, sangat disukai dan menjadi kudapan favorit untuk menemani nasi.

Ketiga makanan berbahan baku mangrove ini, menurut informasi yang kami dapatkan dari warga setempat, sedikit banyak bisa menambah penghasilan mereka, yang lingkungan sekitarnya memang dipenuhi dengan hutan mangrove.

Nah, jika Anda berkesempatan jalan-jalan ke Demak, jangan lupa untuk mencicipi camilan mangrove nan legit ini, ya. (Dadang Farista).

(Sumber foto: 1, 2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar