10.13.2015

KOPHI Jateng Ajak Pemuda Tanam 5000 Mangrove di Kendal


Para peserta MD sedang asyik menanam mangrove. (Foto: Dwi Kurniawati).

MANGROVEMAGZ. Pada tanggal 5-6 September 2015, sebanyak 100 pemuda terlibat dalam penanaman mangrove dalam event “MANGROVUN DAY “. Mangrovun Day (MD) ini merupakan rangkaian dari acara KOPHI Senusa (Sejukan Nusantara) yang diadakan serentak oleh Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) di seluruh nusantara. KOPHI Jateng mengangkat tema “Menyatukan Indonesia dengan Edukasi Lingkungan melalui Wisata Alam" dalam MD ini.

Lokasi penanaman mangrove bertempat di Desa Kartika Jaya, Patebon, Kendal. MD diikuti oleh para pemuda yang umumnya mahasiswa dari berbagai kota, mulai dari Semarang, Surakarta, Purwokerto hingga Yogyakarta.

Acara yang berlangsung Sabtu hingga Minggu ini, diawali dengan materi tentang mangrove oleh bapak Wasito selaku pengurus Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir (P3MP ) yang dilanjutkan dengan Forum Group Discussion (FGD).

Acara ini juga diisi dengan pensi, games seru di pantai, dan puncak acara dilakukan dengan aksi penanaman 5000 mangrove di sekitar pantai Kartika Jaya.


KOPHI Jateng menginspirasi Indonesia dengan melakukan penanaman mangrove di Patebon, Kendal. (Foto: Dwi Kurniawati).

“Tujuan diadakannya MD, yaitu mengedukasi para pemuda tentang isu-isu lingkungan terkini, khususnya ekosistem mangrove dan wilayah pesisir," jelas Shunita Laxmi, selaku ketua panitia MD.

Shunita juga berharap bahwa setelah mengikuti acara ini, peserta dapat mengetahui ekosistem mangrove dan wilayah pesisir sehingga ilmunya dapat diterapkan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga masyarakat umum di wilayahnya masing-masing. (Dwi Kurniawati).

No comments:

Post a Comment