GET FEATURED

HEADLINE

MIL THE SERIES

YOUR PHOTOS AND ARTICLE

2.05.2015

Mangrove Untuk Dunia Yang Lebih Baik


Peserta Mangrove Replant 2015 yang sedang menanam mangrove.

MANGROVEMAGZ. Dalam rangka memperingati hari lahan basah sedunia tanggal 2 Februari 2015, UKM Mangrovers Community For Fun Study and Activity (MUCRONATA) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman bekerjasama dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Cabang Bunton Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, mengadakan kegiatan penanaman mangrove “Mangrove Replant” dengan tema “Mangrove Untuk Dunia yang Lebih Baik”. Penanaman mangrove dilakukan di Desa Bunton Kecamatan Adipala Cilacap dengan jumlah bibit yang di tanam 3000 bibit.

Kegiatan Mangrove Replant melibatkan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman, Forum Siswa Peduli Mangrove SMA Kabupaten Cilacap, Masyarakat Desa Bunton Kecamatan Adipala Cilacap dan Siaga Tanggap Bencana (SIGAP) Desa Bunton. Jumlah peserta ± 200 peserta.

Kegiatan Mangrove Replant 2015 juga didukung oleh DPRD Kabupaten Cilacap, Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pengelola Sumberdaya Kawasan Segara Anakan (DKP2SKSA), PT Sumber Segara Primadaya (S2P) PLTU Karangkandri Cilacap, dan Pusat Mitigasi Bencana LPPM Unsoed.

Sesuai dengan tema kegiatan “Mangrove Untuk Dunia yang Lebih Baik” semoga mangrove yang ditanam dapat tumbuh subur dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di sekitarnya. Dengan kegiatan penanaman mangrove ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat, kesadaran dan kepedulian terhadap ekosistem mangrove mengingat ekosistem mangrove memiliki manfaat yang sangat banyak baik dari aspek fisik, ekologi maupun ekonomi.

Manfaat ekosistem mangrove secara fisik diantaranya: Menjaga agar garis pantai tetap stabil; Melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi; Menahan badai/angin kencang dari laut; Menahan hasil proses penimbunan lumpur, sehingga memungkinkan terbentuknya lahan baru; Menjadi wilayah penyangga, serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar; Mengolah limbah beracun, penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida.


Foto bersama seusai melaksanakan penanaman mangrove.

Manfaat ekosistem mangrove secara Ekologi diantaranya: Menghasilkan bahan pelapukan yang menjadi sumber makanan penting bagi plankton, sehingga penting pula bagi keberlanjutan rantai makanan; Tempat memijah dan berkembang biaknya ikan-ikan, kerang, kepiting dan udang; Tempat berlindung, bersarang dan berkembang biak dari burung dan satwa lain; Sumber plasma nutfah dan sumber genetik; Merupakan habitat alami bagi berbagai jenis biota.

Manfaat ekosistem mangrove Secara Ekonomi diantaranya: Penghasil kayu : bakar, arang, bahan bangunan; Penghasil bahan baku industri : pulp, tanin, kertas, tekstil, makanan, obat-obatan, kosmetik, dll; Penghasil bibit ikan, nener, kerang, kepiting, bandeng melalui pola tambak silvofishery; Tempat wisata, penelitian dan pendidikan. (Melody Virginia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EVENT TERBARU