6.01.2015

Pengertian dan Ciri-ciri Hutan Mangrove


Hutan mangrove. (Sumber foto).

MANGROVEMAGZ. Hutan mangrove sering juga disebut hutan bakau. Dinamakan hutan bakau karena sebagian besar vegetasinya yang didominasi oleh jenis bakau (salah satu jenis mangrove yang bernama ilmiah Rhizophora) dan disebut hutan payau oleh karena hutannya yang tumbuh di atas tanah yang selalu tergenang oleh air payau.

Hutan mangrove merupakan komunitas vegetasi pantai tropis yang didominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang-surut pantai berlumpur (Bengen, 1999).

Mangrove dapat tumbuh dan berkembang secara maksimum dalam kondisi dimana terjadi penggenangan dan sirkulasi air permukaan yang menyebabkan pertukaran dan pergantian sedimen secara terus menerus.

Sirkulasi yang tetap (terus-menerus) meningkatkan pasokan oksigen dan nutrien untuk keperluan respirasi dan produksi yang dilakukan oleh tumbuhan. Perairan dengan salinitas rendah akan menghilangkan garam-garam dan bahan-bahan alkalin, mengingat air yang mengandung garam dapat menetralisir keasaman tanah.

Mangrove dapat tumbuh pada berbagai macam substrat (sebagai contoh tanah berpasir, tanah lumpur, lempung, tanah berbatu dan sebagainya). Mangrove tumbuh pada berbagai jenis substrat yang bergantung pada proses pertukaran air untuk memelihara pertumbuhan mangrove (Dahuri, 1996). (Trialaksita Sari P. A.).

No comments:

Post a Comment